Ucapan Selamat

SELAMAT BERAKTIFITAS KEMBALI DENGAN SUASANA YANG SEGAR DAN SEJUK

Senin, 07 Februari 2011

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.
http://id.wikipedia.org/wiki/Tanaman_obat_keluarga
Saat ini semakin jarang orang yang mengembangkan tanaman obat keluarga padahal ketika kita telusuri mengenai kegunaan dari tanaman obat tersebut akan banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Apa lagi saat ini semakin banyak tanaman yang sering kita jumpai dan kita anggap tanaman liar merupakan tanaman yang mempunyai khasiat obat. Dengan pengadaan tanaman obat keluarga setidaknya akan ada sedikit kenyamanan yang akan kita rasakan untuk masalah kesehatan keluarga.
ada beberapa tips yang dapat kami sampaikan saat akan membuat areal Tanaman Obat Keluarga.
  1. Ketahuilah jenis-jsnis keluhan kesehatan yang sering terjadi di keluarga.
  2. Carilah informasi mengenai pencegahan atau pengobatan yang dapat dilakukan dengan tanaman obat.
  3. Carilah jenis-jenis tanaman obat yang dapat di tanam sesuai dengan luasan dan kondisi area.
  4. Belilah buku yang mendukung untuk kegiatan pengobatan atau pencegahan penyakit sebagai bahan untuk kegiatan pengobatan agar kita lebih mantab.
  5. Untuk menanam tanaman obat hendaknya seluruh anggota keluarga mengetahui kegiatan yang dilakukan baik pengelolaan ataupun penggunaannya
  6. Jangan menggunakan bahan kimia untuk melakukan perawatan tanaman obat.
Hal diatas hanya tips singkat mengenai persiapan yang kita lakukan untuk kegiatan penanaman tanaman obat keluarga. dan nantinya saat kita sudah melakukan kegiatan tersebut hendaknya menambah koleksi yang lebih lengkap untuk tanaman yang dapat kita gunakan untuk tanaman obat.
Terima kasih semoga tips ini memberikan gambaran mengenai Tanaman Obat Keluarga.
Hidup sehat dengan tanaman obat.
Priyo Handoko.

Tidak ada komentar: