Ucapan Selamat

SELAMAT BERAKTIFITAS KEMBALI DENGAN SUASANA YANG SEGAR DAN SEJUK

Kamis, 03 Februari 2011

Warisan dan Kebutuhan "PADI"

Padi adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun demikian, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia. Hasil dari pengolahan padi dinamakan beras.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Padi).
Siapapun akan mengira ketika bertemu dengan petani yang ada di benaknya adalah "PADI" tanaman yang merupakan salah satu kebutuhan pokok sebagian orang di dunia khususnya Indonesia, mayoritas menggunakan padi sebagai makanan pokok sehari-hari.
Bagi beberapa masyarakat Indonesia yang pernah saya temui menanam padi bukan hanya sekedar mengejar finansial (materi fisik) akan tetapi sebuah ketenangan yang ada ketika mengelola pertanian padi.
"Nandur pari ki bati ne ora sepiro, neng biso gawe tenang pikiran" (menanam padi itu untungnya tidak seberapa, tapi bisa membuat pikiran tentram). Dan memang benar perkataan tersebut sebuah ketenangan ketika menanam padi sebagai bahan makanan pokok.
Akan tetapi yang saat ini membuat hati pilu adalah ketika petani Indonesia mengeluhkan harga-harga hasil pertanian untuk kebutuhan sehari-hari meningkat. Dengan hal tersebut perlu adanya penyiasatan dari teknis pertanian yang dilakukan.

Tidak ada komentar: